Mengatasi Error "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid"


Unable to launch iis express web server. The start url is not valid! Pagi-pagi buka project dapat pesan "mesra" seperti itu dari Visual Studio 2017. Lagi-lagi, ketidaktahuan saya tentang pemrograman membuat saya harus googling untuk menemukan cara mengatasi errorr "Unable to

.

Oke, kali ini to the point saja, karena saya sedang dikejar-kejar sama bos untuk segera menyelesaikan project Shopify App kami, jadi tidak punya banyak waktu untuk basa-basi,, laughing

Kasus:

Jadi, pagi ini, ditemani roti bekal dari ibu saya, dengan semangat saya mulai membuka project saya karena sudah ada serangakaian solusi di kepala saya. Meskipun pada praktiknya solusi tersebut tidak semulus yang saya bayangkan.

Tadinya saya mengira akan memakan banyak waktu untuk menngatasi error "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid" ini, maklum saja saya bukanlah orang yang jago di bidang programming. Tapi ternyata solusinya sangat mudah. Berikut adalah cara mengatasi error "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid" pada Visual Studio.

Solusi:

Ternyata, pesan kesalahan "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid" ini, permasalahannya terletak pada file konfigurasi IIS. Kesalahan pada file konfigurasi IIS ini membuat IIS tidak bisa berjalan ketika kita ingin melakukan debugging dengan project VS kita.

Cara mengatasi "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid" ini sangat sederhana. Kita cukup menghapus file konfigurasi IIS kita. Biasanya, file ini terletak di C:Users[Nama User]My DocumentsIISExpress.

Hapus semua file di folder IISExpress tersebut. Tenang saja, komputer Anda akan otomatis membuat file yang baru ketika Anda menjalankan IIS. Setelah file tersebut dihapus. Tutuplah project Visual Studio Anda. Setelah itu buka kembali project Anda dan kembali lakukan debugging.

Harusnya pesan kesalahan "Unable to launch iis express web server. The start url is not valid" tidak muncul lagi.