Tutorial Belajar Go-Lang: Panduan Memulai Pemrograman Go Dari Awal


Tutorial Belajar Go-Lang: Panduan Memulai Pemrograman Go Dari Awal ini adalah artikel pertama saya tentang bahasa pemrograman Go. Ini adalah sumber dari segala sumber bagi saya dalam belajar bahasa pemrograman Go.

.

Apa Itu Bahasa Pemrograman Go?

Go-lang, atau biasa disebut Go, adalah bahasa pemrograman yang semakin populer di kalangan pengembang perangkat lunak. Dikembangkan oleh Google, Go menawarkan kombinasi kecepatan, kesederhanaan, dan efisiensi yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak proyek perangkat lunak modern. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari Go, artikel ini akan menjadi panduan praktis untuk memulai.

Mengapa Memilih Go?

Sebelum kita mulai dengan tutorial, penting untuk memahami mengapa Go menjadi pilihan yang menarik bagi banyak engineer:

  1. Kinerja Tinggi: Go didesain untuk kinerja yang cepat, membuatnya cocok untuk pengembangan aplikasi berskala besar yang membutuhkan performa optimal.
  2. Kesederhanaan: Go memiliki sintaksis yang sederhana dan mudah dipahami, memungkinkan pengembang untuk menulis kode dengan cepat dan efisien.
  3. Paralelisme yang Dibangun Secara Alami: Dengan fitur seperti goroutines dan channels, Go memungkinkan pengembang untuk menangani konkurensi dan paralelisme dengan mudah.
  4. Dukungan Komunitas: Go memiliki komunitas pengembang yang aktif dan solid, serta dukungan yang kuat dari perusahaan besar seperti Google.

Langkah-Langkah Memulai Belajar Go

Setelah mengetahui alasan kenapa kamu perlu belajar Go, selanjutnya mari kita mulai untuk belajar Go. Namun sebelum kita benar-benar mulai, ada beberapa persyaratan pengetahuan yang sebaiknya kamu kuasai dulu. Jika kamu belum tahu tentang hal-hal ini, sebaiknya kamu pelajari lebih dulu sebelum melanjutkan belajar Go.

Hal-Hal yang Perlu Dikuasai Sebelum Belajar Go

  • Mengerti cara menggunakan komputer
  • Mengerti cara menginstall aplikasi di komputer
  • Mengerti cara menggunakan terminal atau command prompt di komputer

Kalau kamu belum terbiasa melakukan hal-hal di atas, saya sarankan untuk belajar dan membiasakan melakukan hal-hal di atas terlebih dahulu. Tentu saja tidak semua sistem operasi harus dipelajari, kamu bisa memilih salah satu antara menggunakan sistem operasi Windows, macOS atau Linux.

Instalasi Go

Langkah pertama adalah menginstalasi Go di komputer kita. Di artikel ini saya tidak akan menunjukan cara install secara detail. Harusnya ketika kamu sudah menguasai hal-hal yang perlu diketahui di atas, kamu sudah bisa install sendiri.

Cukup kunjungi situs web resmi Go di https://go.dev dan unduh paket instalasi yang sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. Lalu ikuti instruksi instalasi yang disediakan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Terakhir kita bisa menjalankan perintah go version di terminal untuk mengecek apakah instalasi sudah berhasil atau belum.

Instalasi Teks Editor atau IDE

Setelah berhasil menginstall Go compailer di komputer kita, selanjutnya kita perlu menginstall teks editor atau IDE (Integrated Development Environment). Sekali lagi, saya tidak akan membahas secara detail cara install teks editor dan IDE ini, tapi saya hanya akan memberikan rekomendasi tools nya saja. Tools yang saya sarankan adalah:

Silakan kunjungi website resmi dari masing-masing tools tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara instalasinya.

Membuat Proyek Pertama

Sekarang, mari buat proyek pertama kita menggunakan Go. Project di Go, biasanya disebut sebagai module. Untuk membuat proyek di Go, kita bisa jalankan perintah go mod init nama-module di folder dimana kita akan mebuat proyek tersebut. Pastikan tidak menggunakan spasi pada nama module. Untuk memisahkan kata kita bisa menggunakan simbol dash (-).

Menulis Kode Pertama

Saatnya untuk menulis kode pertama Anda menggunakan Go. Berikut adalah contoh kode sederhana untuk program "Hello, World!":

```go
package main

import "fmt"

func main() {
fmt.Println("Hello, World!")
}
```

Simpan perubahan pada file `main.go` dan kembali ke terminal. Jalankan program dengan perintah `go run main.go`. Anda akan melihat output "Hello, World!" dicetak di terminal.

 

Comments