Mengatasi Server Error (403 error) di Elementor


Akhir-akhir ini, cukup banyak yang konsultasi tentang masalah Server Error (403 error) yang terjadi di plugin Elementor. Itu kenapa akhirnya saya membuat artikel ini, berharap bisa bermanfaat buat kamu yang mengalami masalah yang sama.

.

Namun sebelum membahas lebih detail tentang beberapa solusi yang bisa dicoba, akan lebih baik jika kita memahami lebih dulu tentang error 403 ini.

Tentang Error 403

Jika kita baca deskripsi tentang error 403 pada kode error HTTP, ini berarti akses ke sumber daya yang diminta dilarang karena alasan tertentu. Server memahami permintaan itu, tapi tidak akan memenuhinya karena masalah terkait klien.

Namun pada kasus elementor yang mengalami Server Error (403 error), ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Bisa karena terjadi konflik dengan plugin lain atau dengan tema WordPress yang digunakan. Tidak jarang, kesalahan ini juga disebabkan oleh kurangnya memori. Untuk memastikannya, kita bisa mengecek kesalahan PHP di server kita.

Cara Mengatasi Server Error (403 error) di Elementor

Alasan kenapa saya membuat artikel ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena saya juga pernah menemui kasus server error di elementor. Kalau kamu mengalami masalah ini, salah satu solusi berikut mungkin akan membantu:

Hapus Beberapa Bagian

Ketika saya menemukan masalah server error di elementor, saya mencoba membuat halaman baru pada website yang mengalamai masalah ini. Dan hasilnya, halaman yang baru saya buat tidak mengalami masalah ini.

Hal yang sama juga terjadi ketika saya mencoba menghapus beberapa bagian yang menurut saya menjadi sumber masalah. Menghapus beberapa bagian yang dicurigai sebagai penyebab terjadinya pesan Server Error (403 error) mungkin akan membantu kamu mengatasi masalah ini.

Tingkatkan Memory Limit

Kita bisa mencoba untuk menyesuaikan batas memori (memory limit) WordPress kita dengan persyaratan minimum yang ditentukan oleh Elementor. Kita bisa mengaktifkan mode debug di WordPress untuk memeriksa berapa banyak MB yang kita butuhkan.

Sebenarnya kita dapat melakukan hal ini sendiri. Namun jika memungkinan, lebih baik hubungi penyedia hosting kamu untuk bantuan lebih lanjut.

Modifikasi File .htaccess

Terkadang, masalah penyimpanan dapat terjadi ketika waktu tunggu pada script admin-ajax.php. Kamu bisa mengetahui apakah itu yang jadi sumber masalahnya. Caranya dengan memeriksa pesan kesalahan yang muncul di konsol browser.

Pesan kesalahan biasanya akan seperti ini, Failed to load resource: the server responded with a status of 403. Ketika kamu mengalami masalah ini, coba untuk tambahkan kode berikut ke file .htaccess kamu untuk menambah waktu tunggu dinamis:

Nonaktifkan Plugin Lain

Server Error (error 403) saat mencoba update halaman bisa juga disebabkan oleh plugin keamanan seperti WordFence dan lainnya. Untuk mengatasinya, aktifkan learning mode plugin atau hubungi kontak support mereka. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh firewall di server kita, untuk itu kita perlu menghubungi penyedia hosting yang kita gunakan.

Hubungi Pihak Elementor

Jurus pamungkasnya adalah dengan menghubungi pihak Elementor. Kita bisa mengirim apapun kesalahan yang terjadi dengan plugin Elementor ini ke pihak pengembang. Biasanya mereka akan menanggapi laporan kita.

Kesimpulan

Jika dengan membaca artikel ini kamu masih belum bisa mengatasi masalah Server Error (403 error) di Elementor, kamu boleh menghubungi saya kalau ingin berdiskusi untuk memecahkan masalahnya. Jika artikel ini berguna, dan kamu mau mendapatkan informasi setiap update artikel saya, kamu bisa berlangganan email dari saya dengan mengisi form di bawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Komentar