Cara Menghapus .php di URL dengan .htaccess


Bagaimana cara menghapus ekstensi .php di URL website kita? Oke, kali ini kita akan membahas cara menghapus .php di URL. Caranya sangat mudah! Begini caranya.

.

Ketika kita membuat halaman website hanya dengan menggunakan php, kadang kita terganggu dengan URL yang kurang menarik dilihat. Misalnya saja URL seperti https://google.com/tutorial-programming.php. Itu sebabnya, menghilangkan ekstensi .php perlu kita lakukan. Ini agar website kita tidak hanya lebih mudah diingat, tapi juga terkesan lebih profesional.

Di postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang bagaimana cara menghapus .html di URL. Tentu saja, itu berlaku untuk website yang hanya menggunakan file HTML dalam pembuatannya. Lalu bagaimana dengan webiste yang menggunakan bahasa pemrograman PHP?

Berbeda dengan ketika kita menggunakan CMS seperti WordPress misalnya. Kita perlu mengatur agar ekstensi .php tidak ditampilkan di address bar URL. Dan, salah satu cara termudah menghilangkan .php pada URL adalah, dengan mengedit file .htaccess di hosting kita. Untuk mengedit file .htaccess, bisa kita lakukan melalui cPanel atau Plesk. Tentu saja tergantung dari hosting yang kita gunakan.

Sebenarnya, cara menghapus .php di URL hampir sama dengan cara menghapus .html di URL. Keduanya sama-sama menggunakan file .htaccess untuk menanganinya. Yang berbeda adalah perintah yang kita masukkan ke dalam file .htaccess. Perbedaannya pun tidak terlalu signifikan.

Disini, saya akan coba menerangkan bagaimana cara menghapus ekstensi .php di URL melalui cPanel. Untuk di Plesk, sebenarnya tidak jauh berbeda. Dan saya yakin, kamu bisa melakukannya juga di Plesk setelah membaca tutorial ini.

Menghapus .php di URL

Langkah pertama yang harus kita lakukan, tentu saja kita perlu login ke cPanel atau Plesk hosting kita. Kemudian pilihlah menu file manager untuk membuka direktori file website kita.

Langkah selanjutnya, cari dan temukan file .htaccess. Jika kamu tidak menemukan file .htaccess ini, bisa jadi file ini tidak tampil karena kamu belum menampilkan file yang tersembungi. Untuk mengatasi masalah ini, masuklah ke menu settings dan centang show hidden files untuk menampilkan file yang disembunyikan.

Kemudian langkah selanjutnya adalah kita edit file .htaccess tersebut. Cukup dengan menambahkan kode di bawah ini saja ke dalam file .htaccess di hosting kita.

Terakhir, simpan file .htaccess, dan coba tes apakah cara menghilangkan .php di URL ini berhasil.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara menhapus .php pada URL website kita dengan mudah, melalui file .htaccess. Sekedar informasi, file .htaccess ini adalah file text sederhana dalam format ASCII. Dimana kita bisa menggunakan file ini untuk merubah beberapa konfigurasi di sever website kita.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghapus .php di URL website kita. Saya sendiri berharap, cara menghapus .php di URL yang saya bagikan ini bermanfaat buat kamu. Jika cara ini tidak bekerja pada websie kamu, jangan menyerah! Pasti ada cara lain.

Akhirnya, semoga bermanfaat. Dan teruslah menjadi pembelajar. Karena hidup itu untuk belajar, bukan belajar untuk hidup. Kamu juga bisa mengisi alamat email kamu pada kolom di bawah, untuk berlangganan artikel terbaru saya. Sampai jumpa di artikel berikutnya…

101 Views

Komentar