Membuat Form Order WhatsApp Rotator


Melanjutkan artikel saya tentang Membuat Form Order Langsung ke WhatsApp, kali ini akan saya lanjutkan dengan menambahkan opsi rotator di dalam form order ini. Form order WhatsApp dengan rotator ini berguna ketika kita memiliki lebih dari satu CS untuk handle customer kita.

.

Seperti janji saya pada postingan sebelumnya, Membuat Form Order Langsung ke WhatsApp. Kali ini kita akan melanjutkan form order kita, dengan menambahkan fitur rotator untuk mengacak nomor WhatsApp admin.

Rotator Untuk Acak Nomor WhatsApp

Dari artikel sebelumnya, cukup banyak yang meminta saya untuk melanjutkan artikel tentang Form Order WhatsApp dengan menambahkan fitur rotator nomor WhatsApp admin. Tapi, karena kesibukan di kerjaan, baru kali ini saya bisa membuat artikel lanjutan ini.

Ya, fungsi rotator ini akan memungkinkan kita membuat form order otomatis ke WhatsApp yang bisa dipakai oleh banyak nomor. Hal ini sering sekali dibutuhkan oleh para pebisnis online yang mereka memiliki lebih dari satu CS (Customer Service).

Jadi, skenarionya kita akan membuat satu form order WhatsApp. Kemudian, ketika calon pembeli mengisi form order tersebut, hasil isian akan dikirim ke beberapa nomor WhatsApp CS secara acak. Inilah fungsi dari Form Order WhatsApp Rotator.

Cara Membuat Form Order WhatsApp Otomatis dengan Rotator

Di sini, saya tidak akan menjelaskan lagi dari awal. Saya hanya akan menerangkan tentang penambahan fitu rotatornya. Untuk itu, kalau kamu belum membaca artikel pertama saya tentang form order ini, silakan baca dulu artikel saya tentang Membuat Form Order Langsung ke WhatsApp.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membuat rotator ini. Tapi, kali ini saya akan memberikan cara yang menurut saya cukup mudah untuk dipahami. Disini, saya akan menggunakan JavaScript untuk membuat fungsi rotatornya.

Oke, langsung saja. Disini saya asumsikan bahwa kamu sudah membuat form sampai ke tahap memasukkan kode JavaScript ke dalam file HTML kamu.

Yang perlu dilakukan adalah mengganti semua kode JavaScript tersebut dengan yang baru seperti di bawah ini.

Saya akan sedikit membahas kode di atas. Perbedaan dengan artikel sebelumnya hanya terletak di baris ini saja sebenarnya.

//rotator
var minNumber = 0;
var maxNumber = 3
var randomNumber = randomNumberFromRange(minNumber, maxNumber);
function randomNumberFromRange(min,max)
{
return Math.floor(Math.random()*(max-min+1)+min);
}
if (randomNumber == 1){
$("#noAdmin").val("081111111111");;
} else if (randomNumber == 2) {
$("#noAdmin").val("082222222222");;
}else {
$("#noAdmin").val("083333333333);;
}

Yang perlu diperhatikan adalah pada variabel maxNumber. Disini, saya isi dengan angka 3. Ini adalah jumlah berapa banyak nomor WhatsApp yang akan kita acak.

Kemudian kita memanggil fungsi randomNumberFromRange untuk melakukan pengacakan dari 1 sampai 3. Dan, terakhir kita melakukan pengkondisian. Dengan memanggil nomor admin ketika hasil pengacakan keluar.

Kesimpulan

Oke, itu dia cara membuat form order WhatsApp rotator. Sekali lagi, sebenarnya banyak cara untuk membuat form order yang otomatis mengarah ke WhatsApp. Begitu juga untuk fungsi rotator CS nya. Dan, saya hanya menyebutkan salah satu diantaranya saja yang menurut saya cukup mudah.

Komentar