Cara Reset CSS Default Bawaan Browser


Bagaimana cara reset CSS? Sering kali kita terganggu dengan pengaturan default CSS pada HTML. Terlebih ketika kita akan membuat theme untuk WordPress misalnya. Atau ketika kita ingin mengubah semua nilai dari CSS kita menjadi nol (0).

.

Untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kita perlu melakukan reset pada CSS kita. Tujuan dari reset stylesheet adalah tidak lain adalah untuk mengurangi ketidakkonsistenan browser dalam hal-hal seperti ketinggian garis default, margin dan ukuran font judul, dan sebagainya. Seperti kita ketahui bersama, browser memiliki nilai-nilai default untuk beberapa tag dan element HTML. Dan untuk mempermudah kita dalam memanipulasi tag dan element HTML dengan CSS, kita bisa mereset CSS kita agar kita lebih mudah membuat website bisa terlihat bagus di semua browser.

Nah, kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara melakukan reset CSS tersebut. Tentu saja, saya bukan orang pertama yang menggunakan cara reset CSS ini. Bahkan saya mendapatkannya dari blog-nya Eric A. Meyer.

Reset CSS Default

Oke, langsung saja mari kita reset CSS kita dan membuatnya menjadi 0 semua secara default. Kamu bisa menggunakan kode ini untuk mereset CSS default kamu. Kode ini sudah saya simpan di repository GitHub saya. Silakan kamu bisa melihatnya, atau copy paste atau bahkan download file reset CSS disini.

Atau kalau kamu juga bisa langsung saja copy paste kode di bawah ini atau membukanya di jsfiddle.

Silakan kamu bisa menggunakan kode di atas ini sesuai dengan keinginan kamu. Bahkan, sama om Eric A. Meyer kita diizinkan untuk memodifikasi kode ini sesuai kebutuhan kita.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ketika kita merasa terganggu dengan nilai default dari sebuah element atau tag pada HTML, kita bisa menghapus nilai-nilai default tersebut dengan meresetnya melalui CSS. Untuk kemudian kita buat pengaturan sendiri sesuai dengan kebutuhan kita.

Misalkan saja, secara default ketika kita menulis teks heading dengan h1 maka teks di dalam tag h1 tersebut akan menjadi paling besar. Tapi ketika kita menambahkan kode untuk mereset CSS di atas, maka teks dengan tag h1 akan sama saja. Karena nilai default sudah kita reset. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah kita mengatur sendiri nilai untuk tag h1 tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Itu dia pembahasan kita tentang cara reset CSS untuk mengatasi tampilan website yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Bisa jadi kode ini mungkin tidak bekerja untuk kamu, untuk itu, kamu bisa memodifikasi kode ini agar sesuai. Akhirnya selamat ngoding, dan semoga bermanfaat. Sampai ketemu di artikel-artikel saya selanjutnya. 

19 Views

Komentar