5 Tips Menjalankan Bisnis Properti Bali Bagi Pemula


Ketika Anda ingin mencoba peruntungan dalam bisnis properti Bali namun dengan resiko kerugian yang bisa diminimalisir, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu

.

Ketika Anda ingin mencoba peruntungan dalam bisnis properti Bali namun dengan resiko kerugian yang bisa diminimalisir, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu, seperti :

Pantau harga properti

Ketika Anda ingin berbisnis properti khusus di daerah Bali, salah satu hal yang harus dilakukan adalah memantau harga properti di area yang merupakan tujuan destinasi liburan atau area bisnis yang ingin Anda kembangkan. Belilah properti disaat harga stabil dan untuk meningkatkan harga jual, Anda bisa merenovasi sedikit properti yang akan dijual. Proses pemantauan properti ini bisa dilakukan dengan memantau website yang menyediakan harga properti atau langsung berhubungan dengan agen properti. 

Jangan beli properti saat musim liburan

Jika Anda tidak ingin mengalami kerugian disaat ingin menjual kembali properti yang dimiliki, jangan membeli properti di musim liburan, karena harganya pasti melonjak jauh dibanding saat biasa.

Survey minat dan permintaan pasar

Ketika Anda ingin berbisnis bidang properti di Bali, pastikan untuk melakukan survey minat dan pola permintaan pasar agar Anda tahu daerah mana yang banyak diminati konsumen dan yang tidak. Anda juga bisa menambahkan beberapa fasilitas yang nantinya meningkatkan harga jual properti yang Anda miliki, seperti kolam renang, bathtub, shower, atau dekat dengan area pasar. 

Cek fasilitas properti

Saat Anda membeli properti untuk investasi jangka panjang, lakukan pengecekan fasilitas yang diberikan developer properti. Hal tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi harga jual di kemudian hari atau biaya renovasi yang diperlukan untuk meningkatkan harga jual. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan sebuah properti umumnya makin tinggi pula harga jual yang bisa ditawarkan pada pembeli.

Pertimbangkan menjual rumah second

Saat Anda masih tergolong pemula dalam bisnis properti, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menjual rumah second yang kondisinya masih sangat layak ditinggali. Namun demikian, untuk rumah yang sudah pernah ditinggali sebelumnya, pastikan berkas surat lengkap dan renovasi bangunan tidak terlalu banyak. Jika ada permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan, seperti terletak di area rawan kriminalitas atau area bencana alam, Anda juga patut mempertimbangkan pembelian properti agar bisnis properti Bali yang sedang dijalankan tidak bermasalah.  

Komentar