Tak Perlu Pusing, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Telah Soak


cara memperbaiki aki kering yang sangat berguna untuk memperbaiki sendiri aki mobil Anda.

.

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor, mobil contohnya. Aki ini berfungsi sebagai sumber dari tenaga listrik yang ada di kendaraan seperti untuk menyalakan lampu, klakson, starter dan sebagainya. Keberadaannya memang cukup vital dan sebaiknya dipastikan bahwa aki selalu dalam kondisi yang baik. Ketika lama tidak diganti maka aki bisa soak dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kali ini akan dibahas mengenai cara memperbaiki aki kering yang sangat berguna untuk memperbaiki sendiri aki mobil Anda.

Langkah Cara Memperbaiki Aki Kering

Pada dasarnya tidaklah sulit memperbaiki sendiri aki yang kering. Ada beberapa langkah yang mesti Anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Lepaskan aki dari wadahnya untuk mempermudah dalam proses pengisian air aki.
  2. Bukalah penutup aki dengan menggunakan pisau ataupun benda tajam lainnya. Lakukan perlahan dan hati-hati agar tidak mengenai tangan Anda
  3. Buka pula bagian atas dan penutup bagian samping dari aki
  4. Setelah tutup terlepas dari aki selanjutnya isikan air aki baru ke dalam 6 lubang yang terlihat. Pastikan air aki yang digunakan adalah air aki baru untuk memastikan nantinya aki bisa kembali berfungsi normal.
  5. Tuang air aki dengan sangat hati-hati, jangan sampai terkena kulit maupun mata. Air aki ini bisa menyebabkan iritasi apabila terkena permukaan kulit apalagi mata.
  6. Tutup kembali aki setelah semua lubangn terisi dengan baik. Anda bisa gunakan selotip untuk merekatkan kembali tutup aki tersebut.
  7. Aki yang tidak berfungsi karena kering akan kembali bekerja normal setelah dilakukan pengisian ulang. Akan tetapi jika masih tidak mau menyala sebaiknya cek kembali karena mungkin ada kerusakan lain pada aki Anda.

Jika cara memperbaiki aki kering ini tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan maka Anda bisa menghubungi bengkel terdekat untuk meminta bantuan. Setiap jenis mobil seperti keluaran Daihatsu pasti memiliki aki yang berfungsi di bagian dalam mesinnya. Pastikan Anda merawat aki dengan baik supaya mobil terhindar dari masalah selama digunakan.

Komentar