Tips Membuat Suara Speaker Aktif Lebih Maksimal


Setiap barang tentu saja akan bertahan dalam waktu yang lama jika dirawat. Begitu juga dengan speaker aktif

.

Memiliki speaker aktif yang bagus memang impian bagi setiap orang. Untuk mendapatkan suara yang maksimal dari speaker aktif yang kita punya ternyata ada tipsnya loh. Jadi bukan hanya dari fitur atau sistemnya yang kualitas bagus saja tapi kamu juga harus tahu bagaimana cara agar speaker aktif yang kamu punya berfungsi secara optimal. Speaker aktif yang banyak beredar di pasaran juga sebenarnya sudah dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kriterianya masing-masing. Ada yang berdasarkan besarnya daya, jenis speaker, bahan box speaker aktif, serta pengatur audionya. 

Beberapa speaker aktif mahal memang tidak bisa memenuhi semuanya. jadi kita perlu tahu tips agar suara dari speaker aktif yang kita punya menghasilkan suara yang maksimal. Beberapa tipsnya antara lain :

  • Posisi speaker aktif

Posisi speaker aktif dalam suatu ruangan adalah hal yang sangat berpengaruh. Hal ini disebabkan karena ketika speaker aktif mengeluarkan suaranya maka terdapat benda-benda di sekeliling speaker aktif itu yang bisa memantulkan atau bahkan menyerap suara itu. Speaker aktif juga sebaiknya jangan ditempatkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari serta dekat dengan sumber api. Suhu yang tiba-tiba berubah juga dapat mempengaruhi speaker aktif. Jadi selalu perhatikan dimana kamu akan meletakkan speaker aktif.

  • Penggunaan kabel dan inter-koneksi

Untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan oleh speaker aktif maka penggunaan kabel dan inter-koneksi menjadi hal yang sangat penting. Kabel dan inter-koneksi yang berkualitas akan menghasilkan output audio speaker aktif yang bagus juga. Karena sinyal audio bisa mengalami kenaikan maupun penurunan dalam proses outputnya maka kabel dan inter-koneksi yang digunakan harus berkualitas.

  • Perawatan 

Setiap barang tentu saja akan bertahan dalam waktu yang lama jika dirawat. Begitu juga dengan speaker aktif. Perawatan seperti memeriksa bagian-bagian speaker aktif apakah ada yang rusak atau tidak menjadi hal yang penting. Pembersihan dari debu-debu yang bisa menyumbat juga berpengaruh dengan kualitas suara yang dihasilkan.

Dari beberapa tips ini semoga saja bisa membuat kamu memaksimalkan speaker aktif yang kamu punyai. Speaker aktif yang mahal jika kamu tidak tahu cara memaksimalkannya juga tidak bisa menghasilkan suara yang bagus loh!

18 Views