Tutorial Belajar JavaScript


Javascript adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari jika ingin mendalami dunia web development. Artikel ini berisi tutorial belajar JavaScript dari tingkat dasar sampai mahir.

.

JavaScript merupakan satu dari tiga bahasa yang sering direkomendasikan untuk dipelajari bagi orang yang baru terjun ke dunia pemrograman. Tiga bahasa yang paling awal harus dipelajari biasanya ada HTML, CSS dan JavaScript. Artikel ini berisi berbagai catatan selama saya menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Di artikel ini mungkin akan banyak referensi ke link atau artikel saya yang lain. Hal ini karena pada pembahasan tertentu perlu untuk membuat artikel tersendiri.

Artikel ini cocok untuk kamu yang ingin belajar JavaScript tapi bingung harus mulai dari mana. Karena di artikel ini, saya mencoba untuk menyiapkan panduan JavaScript terlengkap. Harapannya kamu akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk belajar JavaScript. Mulai dari hal-hal yang perlu dipahami, seperti aturan coding JavaScript, penggunaan variabel dan tipe data, sampai mempraktikkan sendiri tutorial JavaScript ini.

Berkenalan Dengan JavaScript

Sebelum melangkah lebih jauh dan mulai melakukan koding, ada baiknya kita berkenalan lebih dulu dengan JavaScript. Di artikel saya yang berjudul Belajar Pemrograman, telah dijelaskan sekilas tentang JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website dari sisi client (client side). JavaScript membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh HTML dan CSS.

Bahasa pemrograman JavaScript adalah bahasa tingkat tinggi, berjenis scripting (scripting language), ditulis secara dinamis (dynamically typed), dan dijalankan oleh interpreter. Apa maksudnya? Mari kita bahas satu per satu istilah tadi.

JavaScript tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi

Kalau kamu baru pertama kali mendengar istilah bahasa pemrograman tingkat tinggi, mungkin kamu beranggapan kalau bahasa pemrograman ini sudah dipelajari. Tapi tidak seperti itu. Kalau menurut saya malah sebaliknya. Bahasa pemrograman tingkat tinggi justru lebih mudah untuk dipelajari. Karena bahasa pemrograman yang masuk golongan tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang memiliki aturan penulisan yang menyerupai bahasa manusia. Itu sebabnya, belajar bahasa pemrograman tingkat tinggi, termasuk JavaScript jadi lebih mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun. Baca artikel ini untuk penjelasan lebih dalam tentang perbedaan bahasa pemrograman tingkat rendah dan tingkat tinggi.

JavaScript adalah scripting language

Sedangkan scripting language maksudnya JavaScript adalah bahasa pemrograman yang tertanam di dalam program yang lebih besar, seperti contohnya web browser. Jadi, yang bisa menggunakan JavaScript adalah program tersebut.

JavaScript termasuk dinamically typed

Sedangkan yang dimaksud dynamically typed adalah, satu variabel pada program dengan coding JavaScript dapat berisi tipe data yang berbeda. Kita bisa mengisi variabel dengan angka, kemudian menggantinya ke huruf tanpa mengalami error.

JavaScript dijalankan oleh interpreter

Maksudnya, ia harus diterjemahkan ke dalam bahasa yang dimengerti komputer agar bisa dijalankan. Nah, proses penerjemahan ini dilakukan secara otomatis oleh web browser.

Comments