Apa itu folder $WINDOWS.~BT? Apakah Aman Jika Dihapus?


Buat kamu pengguna OS Windows, mungkin pernah melihat folder dengan nama $WINDOWS.~BT. Lalu apa itu folder $WINDOWS.~BT sebenarnya? Dan apakah aman menghapus folder $WINDOWS.~BT? Mari cari tahu jawabannya.

.

Sejak Microsoft sebagai pencipta Windwos mengeluarkan update build pertama kalinya untuk Windows 10, yakni Build 9860 hingga sekarang ini, para pengguna Windows mungkin sering melihat folder dengan nama "$WINDOWS.~BT" pada partisi sistem mereka. Folder $WINDOWS.~BT ini muncul setelah melakukan upgrade pada sistem operasi Windows kita.

Secara default, folder $WINDOWS.~BT ini disembunyikan oleh sistem Windows. Sehingga untuk melihat folder ini, kita perlu mencentang Hidden Items pada Windows Explorer kita.

Penjelasan Apa Itu Folder $WINDOWS.~BT

Lalu apa sebenarnya folder $WINDOWS.~BT ini? Dan apa isi dari folder $WINDOWS.~BT? Folder $WINDOWS.~BT adalah folder yang terbuat ketika selesai melakukan update build melalui Windows Update. Jadi skemanya, ketika kita mendownload ESD melalui Windows Update, akan tersimpan pada ‘C:\Windows\Software Distribution\Downloads‘ yang terdiri dari banyak folder dengan nama Alphanumeric.

Dan setelah proses download telah selesai dan sistem melakukan installasi, package download akan disatukan menjadi ESD yang utuh dan otomatis akan terdecrypt/unpacked ke folder $WINDOWS.~BT tersebut. (Disini saya habis mendownload build 11102 melalui Windows Update).

Apakah Aman Menghapus Folder $WINDOWS.~BT?

Pada dasarnya aman-aman saja untuk menghapus folder tersebut, mengingat ukurannya yang biasanya cukup besar. Dengan menghapusnya, tentu bisa menambah lebih banyak ruang pada storage kita. Namun yang perlu diperhatikan adalah, pastikan sistem operasi kita sudah berjalan dengan baik ketika akan menghapus folder ini. Semoga bermanfaat..

Comments