Kinetic Art yang Menggairahkan


Kemunculan galeri seni kontemporer milik Edwin tersebut, bisa dikatakan merupakan salah satu pemantik munculnya banyak galeri seni kontemporer di Indonesia. Di masa kini, bahkan galeri seni kontemporer yang memamerkan karya-karya seni kinetik semakin menjadi “bintang” yang tak pernah s

.

Bagi Anda yang menyukai karya seni mungkin sudah paham tentang Kinetic Art Atau karya Seni Kinetik. Seni Kinetik adalah suatu aliran karya seni kontemporer yang menyajikan suatu seni dengan elemen gerak yang menjadikannya begitu unik dan menarik dipandang. Sehingga, karya seni kinetik banyak diminati para pecinta estetika dan seni. Apalagi, semakin kesini, Indonesia kian ramah dengan pelaku seni.

Unsur seni dalam mekanisme gerakan benda, bahkan menjadi sebuah karya fenomenal yang mulai memiliki pasarnya sendiri di Indonesia. Sejak pertama kali dipopulerkan hingga kini, seni kinetik semakin menggairahkan.

Kemunculan Gairah Kinetic Art di Indonesia

Kinetic Art sudah menjadi suatu hal yang biasa di negara-negara Barat dan sudah banyak dikembangkan di sana. Di Indonesia, gairah seni kinetik baru dimulai sekitar tahun 90-an. Meski sebenarnya, tahun tersebut bukanlah tahun pertama mulai dikenalnya seni kinetik di Indonesia. Para seniman kinetik yang terkenal pada masanya, seperti Heri Dono, Mella Jaarsma, hingga Hardiman Radjab, masuk dalam jajaran pelopor seni kinetik di Indonesia.

Namun, pada waktu itu seni kinetik belum begitu banyak dikenal. Barulah seni kinetik mulai cukup dikenal, setelah kemunculan seorang Edwin Rahardjo yang memprakarsai dibentuknya sebuah galeri seni sebagai wadah sosialisasi pengembangan seni kinetik. Sejak saat itu, popularitas karya seni berupa instalasi dan elemen seni gerak mulai menarik minat banyak pecinta seni.

Kemunculan galeri seni kontemporer milik Edwin tersebut, bisa dikatakan merupakan salah satu pemantik munculnya banyak galeri seni kontemporer di Indonesia. Di masa kini, bahkan galeri seni kontemporer yang memamerkan karya-karya seni kinetik semakin menjadi “bintang” yang tak pernah sepi pengunjung. Kinetic Art semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia, bukan hanya para punggawa seni.

Galeri milik Edwin yang diberi nama sesuai dengan namanya, Edwin's Gallery, hingga kini masih aktif memamerkan berbagai karya seni kinetik unik. Bahkan, kadang mendatangkan seniman besar dari luar negeri. Mengunjungi galeri seni milik Edwin, mata Anda mungkin menjadi sulit berkedip melihat berbagai karya seni kontemporer “menggairahkan”.

1178 Views

Komentar